Senin, 28 Februari 2011

Cara aman anak kecil naik pesawat sendiri


Mungkin karena ada suatu hal yang mendesak, sehingga anda terpaksa merelakan buah hati anda yang masih kecil untuk naik pesawat udara sendirian tanpa pendamping. Jika hal itu terjadi, anda sebenarnya tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya hampir sebagian besar perusahaan penerbangan atau airlines di dunia mempunyai layanan khusus bagi anak kecil yang bepergian dengan pesawat udara sendirian atau tanpa pendamping. Tapi tentu saja syarat utamanya adalah anak tersebut berani untuk bepergian dengan pesawat udara sendirian.

Layanan dari airlines tersebut biasa disebut dengan layanan UM (Uncompenied Minor). Layanan tersebut rata-rata untuk setiap airlines hampir sama, yaitu untuk anak balita sampai dengan usia 12 tahun. Dengan memanfaatkan layanan ini, pada dasarnya anda adalah menitipkan anak anda kepada pihak airlines untuk diantarkan sampai ke tempat tujuan dan diserahkan kepada penjemputnya.

Proses pertama adalah anda menitipkan anak anda tersebut melalui staff airlines bersangkutan di check in counter. Di check in counter tersebut anda akan diminta untuk mengisi formulir yang berisi hal-hal berikut:
- Nama dan alamat anda sebagai pengantar/penitip
- Nomor telepon anda yang aktif
- Nama dan alamat anda sebagai penjemput
- Nomor telepon penjemput anak anda yang aktif

Setelah proses penitipan anak anda ke pihak staff airlines tersebut, maka anak anda yang masih kecil itu akan didampingi oleh staff airlines bersangkutan pada saat di ruang tunggu, boarding, sampai dengan naik ke pesawat udara dan diserahkan kepada air crew. Sedangkan di dalam pesawat udara, pada saat terbang, anak anda tersebut akan diawasi dan dibantu oleh pihak air crew atau pramugari.

Di tempat tujuan, pramugari akan menyerahkan anak anda ke staff darat airlines tersebut, sampai dengan penyerahan kepada pihak penjemput anak anda yang dilakukan oleh staff darat airlines. Pihak airlines biasanya akan meminta kartu identitas atau kartu tanda pengenal penjemput, sebelum menyerahkan anak tersebut.

Jadi, sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir atau bingung jika anak anda harus bepergian sendiri dengan pesawat terbang, karena sebenarnya airlines menyediakan layanan untuk itu. Proses tersebut lebih aman dibandingkan anda menitipkan anak anda kepada penumpang yang lain, apalagi jika penumpang tersebut baru anda kenal. Anda tentu ingin yang terbaik dan paling aman buat buah hati anda bukan.
 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner