Selasa, 08 Februari 2011

Cara merawat mobil Peugeot


Cara merawat mobil antara merek yang satu dengan merk yang lainnya bisa berbeda, meskipun mobil tersebut sejenis. Karena komponen pabrikan yang menghasilkan juga berbeda. Untuk merawat mobil Peugeot, cara-cara yang benar adalah sebagai berikut.

Jangan melakukan cuci mesin dengan menggunakan air secara langsung. Maksudnya adalah jangan menyiram mesin tersebut secara langsung. Perawatan mesin Peugeot yang benar adalah dengan menggunakan kuas kering atau dengan menggunakan kain lap yang tidak terlalu basah. Atau jika anda punya kompresor, anda bisa membersihkannya menggunakan tiupan angin kompresor.

Jangan melakukan penambahan air radiator setelah mesin Peugeot dihidupkan, dikhawatirkan akan masuk udara palsu di dalam sirkuit yang menyebabkan temperatur menjadi tinggi (tidak normal). Cara yang terbaik untuk menambah air radiator Peugeot adalah ketika mesin belum dihidupkan (mesin kondisi mati atau dingin), dan basasi sampai level maksimal saja.

Jangan melakukan pelepasan kabel baterai positif atau negatif secara tiba-tiba, untuk kendaraan Peugeot yang menggunakan imobilizer. Sebaiknya dilakukan sesuai prosedur sesuai dengan tipe kendaraan. Untuk Peugeot tipe 306 N5, 406 D8 adalah dengan cara memasang kunci kontak on 10 detik, kemudian meng off kan kunci kontak , lalu melepaskan salah satu konektor baterai. Untuk tipe 806, kunci kontak posisi on, kemudian lepas salah satu konektor baterai Semi Full Mux dan Full Mux. Kunci kontak on 10 detik, kemudian kunci kontak off, tunggu sampai tiga menit, kemudian lepaskan salah satu konektor baterai. Tujuannya agar tidak terkunci pada ECU yang dapat mengakibatkan mesin tidak bisa dihidupkan.

Jangan melakukan penambahan air aki mobil Peugeot yang berlebihan, untuk mobil yang menggunakan aki basah. Karena pada saat mesin hidup, maka alternator akan melakukan pengisian setrum ke baterai, dan terjadi penguapan. Uap yang keluar dan mengenai bagian diruang mesin, akan menjadi rusak, terlebih lagi untuk mobil transmisi otomatis. Jika sampai uap masuk ke transmisi, bisa terjadi selip.

Jangan menggunakan hand brake terlalu lama saat kendaraan diam, sehabis dicuci atau setelah melewati jalanan yang digenangi air. Tujuannya adalah agar brake shoe belakang menjadi awet.

Semoga dengan perawatan mendasar tersebut, mobil Peugeot kesayangan anda menjadi lebih awet dan lebih tahan lama.
 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner