Selasa, 08 Februari 2011

Cara setel kopling Daihatsu Xenia


Kopling Daihatsu Xenia, tidak menggunakan sistem hidrolis, tapi masih memakai kabel kopling untuk menarik garpu penekan sekrup. Ada keuntungan penggunaan kabel ini. Jika putus di jalan saat dikendarai, mudah untuk menggantinya, dan mobil Xenia tersebut akan kembali normal.


Sedangkan untuk kerugiannya adalah, jika sudah lama digunakan, cepat atau lambat kabel ini akan aus karena gesekan dan kotoran yang masuk melewati karet penahan debu. Kabel kopling ini bisa saja diganti atau dilumasi dengan oli. Namun perlu diingat bahwa sekrup dan kampas kopling juga ikut menipis, sehingga pijakan pedal kopling bisa berubah.

Nah untuk itu berlu diketahui cara yang benar untuk menyetel jarak pedal kopling pada Daihatus Xenia. Yaitu dengan cara:
  • Bukalah kap mesin Xenia tersebut. Lihat mur besar berbentuk kembang diantara pipa dipstick oli dan kolom stir. Itu adalah mur plastik sebagai penyetel pedal kopling pada Xenia.
  • Putarlah mur ke arah kanan (searah jarum jam), supaya jarak pijakan pedal kopling menjadi tinggi. Atau sebaliknya, putar berlawan dengan arah jarum jam, untuk mendapatkan jarak pijakan pedal kopling yang lebih dalam. Idealnya, jarak pijakan pedal kopling disetel pada posisi 50 persen dari pijakan yang paling dalam.
Dengan penyetelan pedal kopling dengan benar, makan mobil Daihatsu Xenia anda akan semakin nyaman untuk dikendarai.
 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner