Senin, 07 Februari 2011

Pengertian PPC (Pay Per Click)


Kepanjang PPC adalah Pay Per Click, atau ada juga yang mengatakan Paid Per Click. Artinya adalah layanan iklan yang memberikan bayaran atau komisi setiap klik yang didapat. Siapakah yang mendapatkan bayaran tersebut? Yang mendapatkan bayaran adalah pemilik situs atau blog, yang situsnya bersedia dijadikan tempat untuk peletakan iklan PPC.

Layanan PPC ini di internet terdapat sangat banyak. Sebut saja nama-nama layanan Pay Per Click yang terkenal seperti Google Adsense, Adbrite, Blacklabelads, Adhitz dan lain sebagainya. Selain nama-nama tersebut, masih banyak penyedia layanan PPC yang lain.

Akan tetapi dari kesekian banyak itu, yang paling besar adalah Google Adsense. Maksudnya adalah Google Adsense memberikan bayaran atau komisi per klik yang relatif lebih besar dibandingkan dengan yang lain. Akan tetapi untuk pemilik situs yang ingin menayangkan iklan dari Google Adsense diwajibkan untuk mendaftarkan diri dulu, dan tidak semua diterima oleh Google. Dalam hal ini situs yang boleh menayangkan iklan Google Adsense, adalah situs yang mereka anggap berkualitas dan original, alias bukan bajakan.

Rata-rata situs layanan PPC memiliki teknologi tersendiri untuk memonitor klik iklan yang didapatkan oleh sebuah iklan. Maksudnya adalah mereka memonitor tentang ke validan sebuak klik terhadap iklan. Jadi kita tidak boleh sembarangan mengklik iklan kita sendiri, karena klik tersebut akan dianggap sebagai klik curang, dan akhirnya akun PPC kita diblokir oleh mereka.

Apakah PPC sangat menjanjikan? Tentu saja, terutama bagi pemilik situs atau blog. Selain mereka berbagi kreatifitas dan ide dalam tulisan, mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari PPC yang mereka pasang di blog atau situs mereka. Apalagi bisa menjadi penghasilan pasif setiap bulan, dengan kata lain mereka tanpa bekerja sudah bisa mendapatkan uang. Besar kecilnya tergantung dari banyaknya pengunjung suatu situs atau blog. Jika anda melakukan search di Google tentang penghasilan terbesar dari Google Adsense, tentu anda akan berdecak kagum. Karena bagi pemilik situs yang sukses, mereka bisa mendapatkan hasil PPC dari situs mereka hingga milyaran rupiah per bulannya. Jauh lebih besar dari hasil yang kita dapatkan dari kerja kita di dunia nyata.


 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner