Selasa, 08 Februari 2011

Sejarah asal mula sepak bola


Sepakbola adalah olahraga yang paling populer sekarang ini. Mengenai asal mula sepak bola ini, para penelitu sudah melakukan banyak perdebatan, tentang dari mana asalnya permainan sepak bola ini. Menurut penelitian ilmiah, akhirnya FIFA sebagai organisasi sepakbola terbesar di didunia, mendukung pendapat bahwa sepakbola itu berasal dari China. Pernyataan tersebut adalah pernyataan resmi dari FIFA.

Alasan yang mendasari hal itu adalah, pada masa dinasti Han di China, mereka melatih fisik tentaranya dengan menggunakan alat yang disebut dengan tsu-chu. Cara latihan itu adalah, para prajurit dinasti Han pada masa itu berlatih untuk menendang bola kulit, dan memasukkannya ke jaring kecil yang diikatkan pada batang bambu. Prajurit tersebut berlatih dengan menggunakan kaki, dada dan bahu. Selain memasukkan bola ke dalam jaring, prajurit tersebut juga dilatih untuk menahan serangan lawan, yang berupa tendangan bola kulit juga. Permainan semacam itu tejadi pada abad ke-2 masehi.

Sementara itu, permainan semacam itu baru ditemukan di Jepang pada tahun 500 sampai 600 tahun kemudian dengan nama Kemari. Permainan sepakbola diduga bisa mencapai Inggris karena dibawa oleh bangsa Romawi. Di Romawi permainan seperti sepak bola tersebut disebut dengan haspartum. Akan tetapi para ahli sejarah juga masih menyangsikan hal itu. Karena di Celtic senderi juga ada permainan yang disebut hurling yang mirip sepakbola. Akan tetapi pada saat itu belum ada peraturan yang baku tentang sepak bola itu. Jumlah pemainnya juga tidak ada batasannya.

Meskipun kebenaran akan sejarah sepak bola tersebut masih abu-abu, akan tetapi sepakbola sekarang ini menjadi olah raga yang paling banyak penggemarnya di dunia. Bisa anda lihat sendiri bagaimana meriahnya jika Piala Dunia dilangsungkan. Jutaan mata di dunia menyaksikan pertandingan tersebut dan ikut merasakan eforia dan pertandingan terakbar dari sepak bola tersebut.
 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner