Senin, 01 Agustus 2011

Cara menghemat bahan bakar Kijang Innova


Toyota Kijang Innova dikenal sebagai mobil keluarga yang boros bahan bakar. Namun ada hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki kinerja mesin mobil, untuk mencapai efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Caranya adalah dengan melakukan perbaikan torsi pimping power pada rpm rendah, sehingga mobil bisa melakukan pergantian gigi lebih awal, tanpa harus membuat mobil berputar ke rpm yang lebih tinggi. Hal umum yang banyak dilakukan adalah dengan membuat AFR sedikit lebih rich (slightly rich), dengan tujuan untuk memperbaiki torsi pada rpm rendah.
Mengikat kondisi mesin pada setiap mobil adalah berbeda, maka idealnya setingan AFR juga diikuti dengan pengamatan terhadap warna ujung elektroda busi. Selain itu juga dengan memajukan timing pengapian pada mesin mobil, agar mesin bisa mencapa thermal efficiency yang lebih baik.

Alternatif lain adalah dengan memperbaiki pumping power dan mengurangi pumping loss yang diakibatkan oleh mekanisme throttle. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara menambahkan suplai udara ke intake antara Throttle Body dan Cyl head. Hanya saja debit udara yang masuk harus benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin mobil tersebut.

Kecepatan aliran udara yang menuju mesin intake manifold adalah sangat penting, demikian juga dengan suhu udaranya. Ada banyak cara untuk membantu mempertahankan kecepatan aliran udara menuju mesin mobil . Yang paling penting adalah metode yang diterapkan tidak boleh menimbulkan hambatan pada saat rpm mesin tinggi.
 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner