Senin, 01 Agustus 2011

Mengatasi bunyi mendecit pada pintu Grand Livina


Tips berikut ini adalah cara untuk mengatasi masalah bunyi mendecit pada pintu Nissan Grand Livina. Seperti diketahui pada umumnya, kondisi mobil pasti akan berubah sesuai dengan masa pemakaian. Selain mesin, transmisi, dan kaki-kaki mobil yang selalu diandalkan selama mobil bergerak, kondisi bodi mobil pun menerima beban yang sama. Misalnya saja adalah pintu belakang, alias pintu bagasi Grand Livina. Setelah menempuh jarak lebih dari 40.000 kilometer, tentu anda harus melakukan pemeriksaan agar mobil tetap merasa nyaman dikendarai.
Grand Livina bisa tiba-tiba berbunyi mendecit seperti sebuah benda bergesek di bagian pintu-pintunya, terutama pada pintu belakang. Bunyi tersebut akan semakin terdengar ketika mobil dikendarai melewati jalanan berlubang. Sebenarnya hal ini adalah lumrah terjadi pada hatchback. Pintu tersebut hanya perlu disetel ulang, karena waktu pemakaian mobil anda tersebut sudah cukup lama.

Pada umumnya pintu angkat pada Grand Livina memiliki berbagai elemen, seperti misalnya adalah engsel, kait pengunci dan pengunci, serta pegas bagasi (sokbreker pintu). Untuk mengatasi masalah bunyi mendecit pada pintu belakang Grand Livina adalah seperti berikut ini:
  • Lakukan penyetelan pada kait pintu mobil. Posisi piranti ini biasa berada pada bagian bawah pintu. Penyetelan dilakukan dengan obeng plus berukuran besar. Longgarkan sekrupnya, kemudian geser sedikit, de depan atau belakang agar pintu tersebut bisa terkunci rapat.
  • Pengait tidak bisa disetel terlalu berlebihan, akan tetapi masih bisa dilakukan penyetelan dalam porsi sedikit saja. Caranya adalah, setelah baut pengikatnya dilonggarkan terlebih dahulu dengan menggunakan kunci ring 10 mm, baru kemudian dilakukan penyetelan.
  • Engsel merupakan penghubung antara bodi mobil dengan pintu Grand Livina tersebut. Langkah yang harus dilakukan pada piranti ini adalah dengan mengencangkan baut pengikatnya, sebab kalau engsel bermasalah, yang harus memperbaiki adalah tukang pintu mobil, karena mereka adalah ahlinya. Setelah eratkan baut pengikat pintu dengan menggunakan kunci ring 12mm, bisa juga disemprotkan cairan penetran atau silicon spray, agar engsel pintu menjadi lebih lancar.
  • Langkah terakhir adalah dengan memeriksa baut pengikat pegas pintu mobil, dengan bodi mobil. Periksalah agar baut pengikat tersebut tidak sampai kendor, karena bisa menimbulkan bunyi berdecit. Cara mengeratkan baut pengikat tersebut adalah dengan menggunakan kunci 12 mm.
 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner