Kamis, 26 Januari 2012

Pembangunan rel kereta api jalur ganda Indonesia


Langkah untuk membenahi jalur kereta api di Indonesia mulai dilakukan. Rencananya, jalur lintas utara pulau Jawa akan dibuat menjadi jalur rel ganda. Jarak lintasan rel tersebut adalah 400 kilometer. Menurut Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, rel kereta api ganda tersebut akan dikerjakan secara serentak.


Pejabat Perhubungan tersebut menuturkan bahwa keberadaan jalur ganda kereta api tersebut akan secara cepat mendorong perekonomian nasional. Bukan hanya itu, beban moda transportasi darat yang berupa kendaraan bermotor yang dirasakan selama ini sudah mulai jenuh, akan terbantu dan bisa dikurangi dengan adanya jalur ganda kereta api tersebut.

Proyek pembangunan tersebut diperkirakan akan membutuhkan banyak tenaga kerja. Selain itu juga akan terjadi peningkatan arus truk pengangkut material di jalur utara Jawa, menjadi hingga 800 unit per hari, terutama pada jalur Cirebon-Surabaya. Dengan pengerjaan secara serentak, estimasi waktu selesai pengerjaan rel tersebut adalah pada tahun 2013. Diharapkan pada tahun 2014, jalur ganda kereta api tersebut sudah bisa dioperasikan.

Pada pembangunan rel tersebut, kemungkinan besar jalur tersebut tidak hanya memakai lahan PT Kereta Api Indonesia, akan tetapi juga akan membutuhkan lahan milik masyarakat. Oleh karena itu Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo mengharapkan pengertian segenap masyarakat tentang pentingnya berkorban untuk kepentingan umum. Akan tetapi pemerintah tetap berjanji, bahwa lahan milik masyarakat yang terpakai atau dibebaskan untuk pembangunan rel kereta api ganda tersebut akan diberikan ganti rugi menurut taksiran yang layak.

Dana yang dibutuhkan untuk proyek tersebut adalah sekitar Rp 9 triliun, dan sudah siap dialokasikan dalam dua tahun anggaran. Proyek yang terdiri dari 307 pekerjaan tersebut sudah mulai dilelang dan ditargetkan pada bulan Maret 2012 sudah selesai ditandatangani dan mulai dikerjakan. Adapun perincian jarak pembangunan rel kereta api jalur ganda tersebut meliputi Surabaya-Semarang sepanjang 270 kilometer, Semarang-Pekalongan sekitar 90 kilometer dan sisanya Cirebon-Brebes.
 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner