Kamis, 05 April 2012

Memperbaiki power window pada Hyundai Atoz


Power Window adalah sebuah piranti yang diciptakan untuk memudahkan pengguna mobil untuk membuka dan menutup kaca jendela. Sebagai sebuah piranti elektronik, perangkat tersebut juga bisa mengalami kerusakan, misalnya ketika kaca hendak ditutup, kaca tidak mau naik sesuai dengan posisi jalur yang sebenarnya.


Posisi kaca menjadi miring dan harus di dorong dengan menggunakan tangan, agar kaca bisa naik dan menutup sesuai dengan rel kaca tersebut. Gangguan semacam ini tentu saja akan merepotkan, yang justru seharusnya adalah memudahkan.

Jika gangguan tersebut dibiarkan, jalur kaca pada batang regulator bisa mengalami aus, karena bahan penopang rel kaca pada Hyundai Atoz terbuat dari sejenis plastik. Kerusakan selanjutnya yang bisa terjadi adalah membuat kabel sling penghubung regulator yang diputar oleh motor juga ikut macet dan kemudian putus. Jika sudah putus, maka fungsi power window tersebut akan mati total, sehingga kaca tidak bisa dioperasikan untuk dibuka dan ditutup.


Jika power window Hyundai Atoz mengalami masalah, maka biaya yang dikeluarkan bisa lebih dari Rp 250.000 untuk mengganti regulator kaca, dengan membelinya di pasaran. Perbaikannya adalah dengan mengganti regulator kaca secara lengkap. Proses penggantiannya cukup repot, karena perlu untuk membuka seluruh bagian door trim dan dudukan regulator pada plat pintu.

Setelah dilakukan penggantian regulator kaca yang baru, sebaiknya plastik dudukan kaca pada ting regulator dilumasi dengan menggunakan gemuk, agar gerak regulator tidak mudah aus, alias untuk meminimalisir gesekan yang terjadi. Setelah tiang lancar, perlu juga dipastikan bahwa kondisi karet channel kaca masih dalam kondisi bagus. Jika tidak, maka bisa terlipat hingga putus. Jalur tersebut bisa dibersihkan dengan bantuan cairan sejenis penetran atau silikon semprot. Dengan perawatan seperti itu, power window pada Hyundai Atoz anda diharapkan bisa lebih awet dan minim terjadi masalah.
 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner