Jumat, 20 April 2012

Pengertian dan cara kerja Kartu Kredit


Kartu Kredit atau istilah dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan Credit Card (CC), pada dasarnya bisa disimpulkan atau dipandang sebagai dua hal, yaitu sebagai alat pembayaran dan sebagai fasilitas utang. Jadi sebenarnya kartu kredit itu adalah alat pembayaran sebagai pengganti uang cash. Adalah hal yang salah salah jika seseorang menggunakan kartu kredit sebagai simbol gengsi, bukan berdasarkan dari fungsi dan manfaatnya.


Dari dua pandangan dasar diatas, penggunaan Kartu Kredit mempunyai keuntungan dan kerugian. Berikut ini adalah diantaranya:

Keuntungan
  • Sebagai jalan keluar pada saat kepentingan yang mendadak. Misalnya untuk membayar rumah sakit pada malam hari.
  • Bisa dipakai untuk pembayara dibelakang. Artinya adalah barang atau jasa bisa didapatkan terlebih dahulu, baru kemudian dibayar. Maksimalnya umumnya adalah 45 hari.
  • Sebagai pengganti uang tunai. Sehingga tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak.
  • Bisa mengkonsolidasikan seluruh tagihan pemilik. Misalnya tagihan telepon, listrik, TV kabel dan cicilan barang elektronik. Sehingga kita tidak perlu mengingat semua tanggal jatuh tempo dari tagihan-tagihan tersebut. Hanya cukup mengingat satu tanggal saja, yaitu tanggal tagihan kartu kredit.

Kerugian
  • Pada umumnya bunganya besar. Bunga tagihan tersebut dihitung dari bunga pembelanjaan awal. Contohnya adalah jika kita ada tagihan awal sebesar Rp 8 juta. Kemudian kita melunasi tagihan sebesar Rp 7.800.000, maka sisa hutang kita sebenarnya adalah Rp 200.000 saja. Akan tetapi kartu kredit menghitung bunga berikutnya berdasarkan dari besarnya pembelanjaan awal, yaitu Rp 8juta, bukan dari sisa hutang kita yang sebesar Rp. 200.000 tersebut.
  • Jika tidak bisa menggunakannya secara bijak, atau karena tidak sadar, bisa menjadi bumerang. Pemilik kartu kredit bisa terlilit hutang, karena kartu kredit menghitung bunga secara bunga berbunga. Artinya adalah semakin lama akan semakin besar.

Dengan kesadaran penuh bahwa kartu kredit adalah semata-mata merupakan alat pembayaran, bukan merupakan simbol gengsi, maka sebaiknya kita menggunakan kartu kredit secara bijak. Jika kita membeli barang atau jasa, dan uang yang dibutuhkan sudah kita punyai, ada baiknya jika kita menggunakan uang kita tersebut, tidak perlu menggunakan kartu kredit.


Bunga kartu kredit memang cukup fluktuatif, akan tetapi rata-rata adalah sebesar 4% per bulan atau 48% per tahun. Dan jangan lupa bunga tersebut dihitung dari besarnya penggunaan kartu kredit awal.

Sebaiknya, kita juga jangan pernah berpikir bahwa kartu kredit adalah sebagai sarana utang, karena akan sangat merepotkan di masa yang akan datang. Contoh penggunaan kartu kredit secara tepat adalah dengan memanfaatkan bunga 0% jika kita membayar tepat waktu, artinya kita tidak akan terkena bunga yang besar, setelah melunasi seluruh tagihan.

Berikut ini adalah sebuah contoh agar lebih jelas. Jika pencatatan tagihan kartu kredit kita adalah setiap tanggal 1. Artinya seluruh pembelanjaan kita sebelum tanggal tersebut akan ditagih pada tanggal 1 itu. Jadi, jika tanggal pencatatan adalah tanggal 1 maka jatuh tempo tagihan biasanya 15 hari setelahnya, misalnya tanggal 16. Memang ada juga beberapa kartu kredit yang jatuh temponya adalah 20 hari setelahnya, akan tetapi rata-rata adalah 15 hari.

Misalnya kita berbelanja antara tanggal 2 Februari sampai 28 Februari, maka tagihan kartu kredit akan tercatat pada tanggal 1 Maret, dan jatuh tempo tanggal 16 Maret. Atas tagihan tersebut, selama kita mampu melunasi seluruh tagihan sebelum tanggal 16 Maret, maka kita tidak akan terkena bunga apapun. Itu artinya kita mendapatkan pinjaman uang secara gratis. Akan tetapi jika kita gagal melunasi, maka akan sebaliknya, kita akan mendapatkan bunga atau pinalti yang jumlahnya cukup signifikan.

Para pemegang kartu kredit akan dikenakan biaya iuran tahunan atau annual fee. Besarnya iuran tahunan cukup beragam, dan umumnya adalah sekitar Rp 150-250 ribu per tahun untuk Silver/Classic, Rp 300 ribu untuk Gold Card atau Rp 750 ribu-Rp 1 juta untuk Platinum. Tapi biaya itu biasanya digratiskan jika kita belanja dalam jumlah tertentu selama setahun, biasanya dikonversi dalam bentuk reward points yang akan sangat bermanfaat bagi para nasabahnya. Jadi tidak ada salahnya jika kita menggunakan kartu kredit, asalkan kita merasa mampu untuk mengendalikan tagihan-tagihannya, sesuai dengan tanggal jatuh tempo tentunya.
 

Natural song

Ostrich vs Penguin

Bernard to fly

The winner